Senin, 19 Desember 2016

Ketika Anak Tantrum

Apa sih tantrum itu?
Tantrum adalah ketika anak menangis tanpa sebab dan sulit untuk ditenangkan. Disertai dengan teriak-teriak, berguling-guling di lantai dan atau minta sesuatu dengan rengekan dan tangisan yang tidak jelas.

Ketika anak tantrum tak jarang kita akan merasa bingung. Bagaimana cara menenangkannya? Apa yang harusnya dilakukan? Sebenarnya sang anak kenapa, minta apa, kenapa tiba-tiba menangis dan sulit ditenangkan?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan ketika anak tantrum, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Memeluk anak
Kita bisa mencoba memeluk anak, agar anak tenang. Namun adakalanya pelukan tidak mampu menenangkan sang anak. Jika pelukan tak mampu tenangkan anak, maka kita bisa coba cara yang lain.

2. Time out
Memasukkan anak pada suatu ruangan tertentu, agar anak tenang dengan sendirinya. Anak dibiarkan sendirian di suatu kamar atau ruangan atau tempat tertentu dengan diawasi dari kejauhan, selama beberapa menit, sampai tenang. Pastikan ruangan bersih, tak ada barang-barang atau sesuatu yang membahayakan bagi anak.

3. Hugging
Cara ini yang biasa saya lakukan pada putri saya. Setiap kali mereka tantrum, atau melanggar kesepakatan yang telah dibuat dan disetujui bersama, maka hukuman bagi mereka adalah dengan hugging. Hugging itu mendudukkan anak di depan kita, dipegangi tangannya, kaki kita masuk ke kaki mereka. Ini tidak akan menyakiti mereka. Hanya akan membuat mereka tidak nyaman saja. Biasanya mereka akan teriak-teriak sebentar setelah itu akan kecapekan, dan akhirnya terdiam. Biasanya cara ini cukup ampuh untuk putri saya, perlahan mereka akan tenang.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menenangkan anak yang tantrum.

Semoga ada manfaatnya.

#30DWC Jilid 3 hari ke 19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar