Kamis, 15 Desember 2016

Menjadi Orangtua yang Dirindu Anak

Menjadi orangtua itu ternyata tidak mudah. Perlu belajar dan harus terus belajar. Apalagi untuk menjadi orangtua idaman anak. Orangtua yang kehadirannya selalu dirindukan oleh sang anak. Tapi, ngomong-ngomong apa ada sih, orangtua yang kehadirannya tak dirindukan oleh buah hatinya? Apakah ada yang seperti itu? Tentu saja ada. 

Sebut saja, namanya Putri. Dia salah satu anak yang kurang dekat dengan orangtuanya. Sehingga kehadiran orangtuanya tak menjadi istimewa bagi Putri. Kehadiran orangtua Putri tak begitu ia rindukan. Biasa saja, baginya.

Lalu bagaimana ketika hal itu terjadi pada diri kita. Ketika kita menjadi orangtua dan kehadiran kita tak dirindukan oleh anak kita? Tentu ada rasa yang sangat menyesak. 

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, agar kita bisa menjadi orangtua idaman anak, orangtua yang selalu dirindukan oleh anak-anak kita, yaitu :

1. Menjaga dan membangun kedekatan dengan anak
Saling berkirim kabar, meski jarak memisahkan. Menjadi sahabat dan teman baik. Saling cerita dan mencurahkan isi hati. Menjadi tempat berbagi yang asyik untuk sang anak. Jika hal ini sudah kita lakukan, tentu sang anak akan merindukan kehadiran kita.

2. Bangun di tengah malam
Berdoa kebaikan untuk sang anak dan keluarga. 

3. Mengajarinya, mendidiknya, mengenalkannya pada pegangan Al Quran dan Al Hadist.
Agar anak tak salah arah dalam menentukan jalan hidup. Agar jika harus memilih, pilihan itu akan tetap berada di dalam koridor yang benar, tidak akan menggadaikan iman dan islamnya hanya demi kenikmatan dunia semata.
Agar anak mengerti dan memahami hak dan kewajibannya sebagai seorang anak.

4. Menjadi teladan dan contoh yang baik untuk anak-anaknya
Ini akan sangat berpengaruh bagi pribadi sang anak. Apa yang dilihat dan di dengar dari orangtuanya biasanya akan menjadi figur contoh bagi mereka. Sehingga orangtua harus mampu memberikan contoh yang baik bagi anaknya.

5. Terus belajar dan menimba ilmu apapun
Belajar tiada henti. Belajar bermacam ilmu. Ilmu agama. Ilmu memasak. Ilmu kesehatan, dan lain-lain. Setelah menjadi orangtua pun kita harus terus belajar. Apalagi di era seperti sekarang ini. Orangtua harus terus belajar, agar semakin mengerti dan memahami anak-anaknya. Tidak ketinggalan dengan teknologi yang semakin maju pesat.

Dengan beberapa hal itu, kiranya bisa menjadi tambahan buat kita agar mampu menjadi orangtua yang dirindukan kehadirannya oleh sang anak.

Semoga ada manfaatnya.

#membaca kisah seseorang.

#30DWC Hari ke 16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar