Senin, 19 Desember 2016

Pelajaran dari Bocah Balita

Jangan anggap remeh mereka. Jangan sepelekan mereka. Bocah balita. Meskipun masih bocah. Masih di bawah lima tahun usianya. Sekali-kali jangan pernah anggap mereka tak bisa apa-apa.

Sesungguhnya mereka telah mengajari banyak hal pada orang dewasa. Jika saja orang dewasa itu mau berfikir dan mengambil hikmah dari setiap kejadian saat bersama sang bocah.

Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari mereka. Diantaranya adalah :

1. Pelajaran sabar
Mereka mengajari orang dewasa untuk bersabar dan semakin menjadi seorang yang penyabar. Berbagai tingkah dan polah mereka sering kali menjadi ujian bagi kita, orangtua mereka. Menguji kesabaran yang kita punya. Sejauh mana kita bisa mengambil pelajaran ini? Semoga kita bisa menjadi orangtua dewasa yang bisa lulus menempuh pelajaran yang pertama ini, yaitu pelajaran sabar.

2. Pelajaran ikhlas
Mereka mengajari kita, orangtuanya untuk bisa ikhlas. Ikhlas menghadapi segala yang dilakukannya, segala tingkah polahnya yang luar biasa. Ikhlas menerima kelebihan dan kekurangan mereka. Tidak pernah membanding-bandingkan mereka dengan yang lain.

3. Pelajaran syukur
Dengan adanya mereka, sang buah hati, harusnya tertanam dalam benak kita rasa syukur yang tiada tara. Tak sedikit orang yang mengharap kehadiran mereka, namun Allah sang maha pemberi belum percayai mereka untuk memegang amanah sebagai orangtua. Adanya mereka, membuat kita belajar tentang kesyukuran.

Diantaranya ketiga hal itu yang bisa kita jadikan pelajaran dari mereka, sang buah hati, meski mereka masih bocah balita sekali pun.

Maka nikmat tuhan yang manakah yang bisa kita dustakan?

Semoga sebagai orangtua, dari hari ke hari kita akan terus menjadi orangtua yang lebih baik. Lebih dewasa, lebih bijaksana, dan lebih mengayomi anak-anak kita. Dan bisa mengambil hikmah dari setiap yang terjadi pada anak-anak kita.

Mereka aset kita yang sangat berharga. Semoga kita bisa menjaganya. Mendidik mereka, menjadi anak-anak yang sholeh-sholehah.

Terimakasih, bocah balitaku. Pelajaran yang kalian berikan sungguh luar biasa. 

Untuk menjadi renungan, bagi orangtua.

Semoga yang sedikit ini bisa diambil manfaatnya.

#30DWC Jilid 3 Hari ke 20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar