Minggu, 18 Desember 2016

MPASI Lanjutan

Pada usia 7-9 bulan, merupakan masa MPASI di usia kritis. Segala makanan yang masuk ke dalam mulut bayi akan terekam cita rasanya, hingga kelak ia besar, dan akan berpengaruh terhadap selera makannya nanti. Sehingga sebagai orangtua kita harus berusaha semaksimal mungkin agar bisa melewati fase ini dengan sukses.

Kalau pada MPASI awal diberikan jenis makanan tunggal, sekarang menu makanannya bisa dikombinasikan. Jus atau pure buah masih bisa tetap diberikan pada pagi hari setelah bangun tidur, sebelum mandi. Setelah diberikan jus atau pure buah, sekitar 15-30 menit kemudian, lambung telah kosong kembali, maka bisa diberikan bubur lembut. Dan untuk makan sorenya bisa diberikan bubur saring.

Pemberian gluten sebaiknya dihindari. Karena gluten sulit dicerna. Bumbu masakan yang boleh ditambahkan antara lain, daun jeruk, daun pandan, daun salam, jahe, serai, temu kunci, seledri, dan kulit kayu manis.

Finger food, makanan yang bisa digenggam bayi sudah mulai bisa diberikan. Finger food ini bisa berupa buah, sayur, dan makanan hewani. Finger food diberikan tidak terlalu dekat dengan waktunya makan. Pemberian finger food bisa disesuaikan dengan kebutuhan sang bayi. Bila bayi memiliki berat badan rendah maka bisa diberikan kentang atau makanan hewani. Bila bayi mengalami kesulitan BAB maka bisa diberikan buah dan atau sayuran.


#30DWC Hari ke 18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar